13 September, 2013

Wisata Alam : Waduk Gajah Mungkur Wonogiri



Minggu lalu, babe ngajakin keluarga buat jalan-jalan. Entah akhir akhir ini babeku suka banget jalan-jalan tiap weekend. Walaupun cuma makan bareng di luar (bukan di teras rumah ya ), ngajakin ngobrol di ruang tengah, atau jalan-jalan yang lumayan jauh kayak minggu kemarin. Kami diajakin jalan-jalan ke Wonogiri, ke Waduk terbesar di Indonesia (katanya), ke waduk Gajah Mungkur.


Well, kami sama sekali buta arah meen. Nggak tau mana itu arahnya waduk itu.




"Pokoknya di wonogirilah. Cerak kok", kata babe gitu.
Aku sih santai-santai aja, toh yang ngajakin babe. Eh, taunya tempatnya dari Jogja cukup jauh meen, ya kurang lebih sekitar 2,5 - 3 jam lah.. Apa malah lebih ya gara-gara nyari-nyari petunjuk arah segala..
Pokoknya kami berangkat dari Jogja jam set.9 sampai ke waduk sekitar jam 11 atau set 12 gitu...

Hemm, waktu di jalan sempet bingung tuh, gara-gara babe ngenyel katanya kami salah jalan. Akhirnya kami nongkrong dulu di semacam gubuk jualan, sambil nanya jalan sama penjualnya. Eh, bener aja, waduknya tinggal di depan kita, tinggal satu puteran lagi istilahnya. Pas aku makan di gubug itu ternyata waduknya udah keliatan.



nah ini nih, penampakan waduk gajah mungkurnya dari balik pepohonan
Nah, habis dari gubuk itu, kami melanjutkan perjalanan dan akhirnya sampai juga di waduk Gajah Mungkur. Cukup ramai pas kami sampai di tempat tujuan. Ya, wajar sih.. Soalnya kami datang pas musim liburan juga.
Di sini panas banget, mataharinya terik. Huaft... Pertamanya males banget loh mau jalan kaki muter-muter. Tapi, berhubung udah sampai sini, yaudin aku sama adekku akhirnya nyewa kapal buat ngitarin waduk gajah mungkur yang luas banget kayak pantai.

cerah banget dan paaaanaaaas


Sewa kapal di sini kalo per orangan itu Rp 7.000,00 . Tapi berhubung adekku nggak mau desuk-desukan, jadi otomatis kita nyewa kapal carteran yang dibagi sama 2 keluarga. Satu kapal yang di carter harganya sekitar Rp 125.000 - 150.000 . Itu buat kapal biasa, beda lagi sama kapal speedboat yang jalannya cepet banget.

dermaga kapal

bukit-bukit di sekelilling waduk

Nah, jalur kapal ini menuju ke gerbang air waduk gajah mungkur, di sana ada kapal keruk juga (tapi sayang nggak kepotret). Kapal keruk gunanya buat ngambilin lumpur-lumpur di dasar waduk, biar waduk nggak semakin dangkal dari hari ke hari. Terus ada tullisan "Bendungan Serbaguna Wonogiri". Terus masih agak jauhan keliatan gerbang airnya.

tulisan besar deket pintu air

Sehabis muter-muterin waduk pake kapal, kami muter-muter nyari souvenir + makan. Ibu juga dapet sesuatu yang bener-bener 'sesuatu' di sini. Apalagi kalo bukan 'irus' murah buat masak :P . Sepuluh ribu aja bisa dapet 5 biji. Terus si adek dapet kacamata item keren kayak di pilm-pilm gitu, serasa ikut main pilem Men In Black ya dek?
Kalo aku sih, ya kaos aja cukup buat kenang-kenangan pernah ke situ. Habis puas muter-muter cari souvenir akhirnya kami pulang deh... Dan pulangnya...., lagi-lagi kesasar di jalan.
Lain kali emang harus bawa peta sepertinya...




ambil gambar waktu makan di sekitaran waduk.
banyak perahu tradisional nelayan sekitar waduk buat nyari ikan
'Irus' yang bikin ibu klepek-klepek
10ribu = 5 biji , boleh milih sesuka hati



Tidak ada komentar:

Posting Komentar