08 Januari, 2014

Wisata Sejarah : Lawang Sewu Semarang

lawang sewu

Halo semuaa... Apa kabar? 
Lama banget gue kagak ngeblog, posting-posting dimari :(
Semua karena lagi sibuk nyekrip** dan sampe sekarang belum kelar (udah kagak usah dibahas)

Kali ini ane mau ceritain jalan-jalan ane ke Lawang Sewu Semarang. Ceritanya sih habis dari tempat sodara, tengok keponakan baru di Pati *cieeeh, ane udah jadi tante gan
Nah, pas pulang dari Pati, kami sekeluarga lewat Semarang, nggak taunya malah sekalian bablas masuk Lawang Sewu.


Pertama kali nih gan masuk lawang sewu. Aslinya babe kagak berani tuh masuk lawang sewu, katanya auranya udah beda *yaelah, kayak orang punya kekuatan supranatural aja sih be...
Tiket masuknya beda-beda loh. Tiket masuknya dibedain jadi anak-anak, pelajar, dewasa. Sayangnya ane lupa gan harga tiketnya. Seinget ane kemarin sih totalnya lumayan,tapi itu udah termasuk guide-nya.

Pas masuk di lawang sewu di pelatarannya kita disuguhi alunan lagu-lagu keroncong gitu sama bapak-bapak yang jago main musik. Mereka main di bawah pohon beringin (kayaknya) besar. Anyyeesss banget dengerin lagunya.. Hohoho.. 

Trus Pak Guide ngejelasin sejarah berdirinya lawang sewu. Katanya sih bangunan-bangunan di lawang sewu itu ada sejak jaman belanda. Dulunya buat irigasi aja, terus jadi markas pertahanan Belanda (pas pertempuran 5 hari di Semarang). Nah, terus waktu diambil alih sama Jepang, dijadiin penjara.
Intinya sih begitu, soalnya Pak Guidenya njelasinnya cepet banget. Jadi nggak bisa nyerna banyak. Maklum otak lemot (x___x). Coba googling aja buat sejarahnya, takutnya cerita ane ada yang meleset gan..

Selanjutnya, kami dibawa sama Pak Guide ke lantai 2. Eh, sebelumnya kami diliatin ruang bawah tanahnya masih dari lantai atas. Jadi kita liatnya dari pintu yang kebuka gitu, trus ngintip ke bawah dikit. Gelap banget di bawah, pengap juga, selain itu juga ada genangan airnya. Kata Pak Guidenya, genangannya ada semata kaki. Katanya lagi, genangan itu setiap hari mesti muncul terus, padahal udah dibersihin/diilangin. Entah sumbernya darimana nggak ada yang tahu. Pak Guide juga bilang, pernah nyoba nyari sumber resapan di lawang sewu sama temen-temennya tapi sampai sekarang nggak pernah ketemu. Epic bener... (.______.

Nah, perjalanan selanjutnya ke lantai atas. Di lantai atas kita bisa foto-foto di jembatannya. Biasanya lokasi jembatan ini sering buat foto prewed. Pernah buat syuting film juga, judulnya darah garuda ato merah putih gitu. Yang pemerannya ada Donny Alamsyahnya (aktor kesukaan ane) :P
Kata pak Guide lagi, Lawang Sewu (seribu pintu) itu dihitung dari jumlah daun pintunya (soalnya pintunya yang bisa digeser-geser, satu pintu ada 4 buah daun pintu). Kalo dihitung dari jumlah pintunya nggak ada seribu, tapi kalo dihitung dari jumlah daun pintunya bisa sampe seribu lebih.


Selesai liat-liat di lantai atas, terus kita dibawa turun lagi. Kali ini mau diajakin ke ruang bawah tanah beneran. Tapi gara-gara nggak ada yang berani terjun ke bawah dan lagipula harus nyewa sepatu boot juga , akhirnya kami memutuskan buat "ENGGAK" turun ke bawah. (Aslinya sih ketakutan, habis serem sih). Apalagi pas pak Guide bilang kalo di ruang bawah tanah pernah dibuat acara 'Uji Nyali' dan ada penampakan beneran, ASLI nggak boongan, sampe lawang sewu dapet penghargaan segala.


Segitu aja cerita dari lawang sewunya.Seru bisa jalan-jalan sambil belajar sejarah :)
Tunggu cerita jalan-jalanku selanjutnya ya..
Kalo jadi besok akhir Januari ane mau pergi ke Kepulauan Seribu.Ditunggu aja gan..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar