03 Mei, 2014

Touring with Jogja Waste Management , Belajar Ngrongsok !



Halo selamat malam sanak sodara...
Okey... btw busway karena hari ini hari sabtu, weekend gahol gitu...
So, gw nyuri nyuri waktu buat ngeblog. Takutnya blog gw udah kebanyakan sarang laba-laba di sana sini.
Ceritanya nih ceritanya, seminggu yang lalu. Tepatnya di hari Sabtu waktu ane bosen bingits sendirian di rumah. Alhasil gw lari ke rumah sohib baru gw di daerah Seturan...Sebut saja temen gw itu Agx alias mas Agung yang cakep banget.

Nah, waktu gw baru nyampe dan baru duduk sebentar, si Agung langsung ngajakin gw pergi.
Waktu gw tanya "Mau kemana?"
"Pokoknya ke tempat asik" Agung cuma njawab kayak begitu. Alhasil gw manut-manut aja ngikutin dia.
Kirain sih mau ditraktir atau mau diajakan ke tempat yang bener-bener asik buat main. Ternyataaa....
(NB : yang nggak kuat liat sampah, nggak usah lanjut baca... ) 



Tumpukan sampah botol
JENG ! JENG !
Gw diajak Agung buat ngrongsok maann !!
Secara, si Agung ini emang punya kerjaan buat milih-milihin sampah yang dikumpulin sama pemulung, trus ntar dijual lagi. Agung bilang ini sebuah bisnis baru dan bisnisnya ini di namain Jogja Waste Management Gw juga pernah diajakin ke gudang rongsoknya dulu di deket stadion Maguwoharjo. Cuma disana lebih rapi, enggak kayak pas di lapangan ini. Di lapangan ternyata lebih berantakan (.____.

mpah sampaaaahhhh ~~

Yang perlu dicatat, sampahnya di sini udah dipilih-pilih. Jadi kebanyakan cuma botol, kardus, gelas plastik, dkk. Yang sampah-sampah basah gitu nggak ada.

Balik lagi ke lapangan, pertama gw ngliat lahan sampahnya emang sedikit ilfil, disana sini cuma ada botol, kaleng, gelas plastik bertumpukan. Baunya juga kadang nyengat, mungkin karena efek hujan. Tapi akhirnya gw ikut terjun juga buat maen di tengah sampah. :P
Bukannya gimana-gimana sih, cuma lama-lama gw bosen juga kalo nungguin Agung ngrongsok sama Bang Yos dan gw cuma duduk-duduk doank (.____. *bored maaann*
Akhirnya nyoba juga buat ngrongsok dan ternyata asik. :D

Gw nemu harta karun di tumpukan sampah itu, percaya nggak percaya sih.
Gw nemu satu selotip kertas utuh seharga 5ribu yang masih plastikan (masih bersih) yang biasanya gw pake buat bikin kotak-kotakan aksesories.
Trus nemu setoples biskuit yang belum kadaluarsa dan masih sisa setengah, akhirnya kita makan bareng-bareng tu biskuitnya :D
Ada charge HP juga, tapi sayangnya udah rusak :|
Ada keyboard, ada panci-panci bekas, tupperware bekas yang masih bagus sebenernya dan entah kenapa dibuang :|
Ada parfum adidas yang isinya masih banyak. Macem-macemlah pokoknya...

Agung sama Bang Yos milah milah sampah \(^o^)/
Terus sampe jam 5 sore akhirnya selesai, semua sampah yang udah dipilih-pilih di masukin di karung dengan kategorinya sendiri, di timbang , dicatet buat besok dikumpulin lagi ke pusatnya..

timbang timbang kardusnya ditimbang

Kemarin sih dapet sekitar hampir 3 kuintal. Buat aku sih itu udah lumayan banyak ya...
Tapi kata Agung itu masih sedikit, biasanya dia bisa dapet sekiar 6 kuintal lebih.. WOWW ! :O
Dan yakin satu pick up segitu pasti bisa dapetin beberapa lembar duit bergambar Soekarno Hatta.

cieee... dapet satu pickup cieee

Apa yang bisa gw ambil kesimpulan dari ikut ngrongsok sama Agung hari itu?
Banyak sebenernya...
Beberapanya adalah :
1. Nggak selamanya sampah itu adalah sampah, kalau kita bisa jeli melihat , sampah itu juga bisa menghasilkan uang karena di dunia ini semua memang berputar :)

2. Kita nggak boleh mbeda-mbedakan orang dan pekerjaannya. Semua punya porsi sendiri-sendiri dan semua berjasa, sederajat. Coba bayangin kalo semisal nggak ada pemulung? petugas kebersihan? Siapa yang bakal ngurus sampah-sampah rumah kalian?

3. Yang paling penting sih, untuk membantu petugas kebersihan sendiri atau orang-orang yang berjasa di bidang itu. Biasakan diri kita untuk memisah sampah basah dengan sampah kering. Biar petugas kebersihan nggak kewalahan buat milah milih sampah yang bisa di daur ulang sama yang nggak usah di daur ulang :)

Itu juga buat menjaga bumi kita looh ;)
Salam Go Green !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar